Salah Pilih Sarapan Bisa Memicu Kadar Gula Darah - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Salah Pilih Sarapan Bisa Memicu Kadar Gula Darah


Sarapan karbohidrat seperti nasi goreng, pancake, roti panggang bisa memicu gula darah naik. Karena perut kosong semalaman langsung diisi dengan makanan berkadar karbohidrat tinggi.



Di restoran atau hotel yang menyediakan menu sarapan, makanan yang paling sering dipesan adalah roti panggang, pancake dengan sirop maple yang jumlahnya kadang lebih dari 1 potong. Tambahan mentega dan madu pun jadi pilihan.

Menu ini masih ditambah dengan secangkir kopi, telur goreng atau orak-arik. Kadang-kadang smoked beef, bacon atau sosis menjadi pelengkapnya. Sangat jarang orang memesan kombinasi ikan, telur dan salad.

Memadukan pancake, telur dan sosis bukanlah pilihan tepat karena tinggi karbohidrat dan lemak. Apalagi untuk mereka yang memiliki gula darah tingggi.Seperti dilansir situs Examiner (27/10), kombinasi ikan, telur, salad dan sedikit kacang-kacangan merupakan sarapan sehat.

Tambahan proteinnya bisa berupa sepotong tempe atau tahu. Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan DHA sangat baik untuk otak. Karenanya sangat baik dikonsumsi orang dewasa dan anak usia sekolah untuk sarapan.

Dalam konperensi tahunan yang dihadiri ahali gizi di deluruh dunia, American Dietetic Association menyarankan konsumsi ikan dan telur untuk sarapan anak usia sekolah.

Menurut mereka, ikan dengan sedikit sayur dan telur akan membantu anak lebih konsentrasi dalam pelajaran dan ujian. Sebaliknya konsumsi roti dan sumber karbohidrat yang tinggi justru membuat mereka mengantuk usai sarapan.

sumber : detik.com