Kalsium Itu Penting Bagi Tulang Tapi Jangan Kebanyakan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Kalsium Itu Penting Bagi Tulang Tapi Jangan Kebanyakan



Untuk menguatkan tulang, konsumsi makanan dan suplemen yang mengandung kalsium itu sangat penting. Namun ternyata sebuah studi menemukan bahwa suplemen kalsium bisa meningkatkan risiko serangan jantung.



Riset dari ilmuwan Swiss yang dipublikasikan di jurnal Inggris, Heart tersebut mengamati 24.000 orang partisipan dalam kerangka studi nutrisi dan kanker di Eropa selama lebih dari 11 tahun. Hasilnya, meski tidak ada peningkatan jumlah kasus penyakit jantung pada keseluruhan populasi, namun ada beberapa partisipan yang mengonsumsi suplemen kalsium dalam jumlah besar dan peneliti menemukan adanya peningkatan kasus serangan jantung pada sekelompok partisipan tersebut.


Sebelumnya, sudah banyak studi yang memunculkan kekhawatiran terkait konsumsi suplemen kalsium berlebihan yang bisa saja menyebabkan penyakit jantung karena penyakit jantung dapat disebabkan oleh penumpukan kalsium di dalam arteri. Namun sejumlah studi terkait masalah ini berujung pada kesimpulan yang berbeda-beda.


Hanya saja kesemua studi itu sepakat dan tak meragukan bahwa sebenarnya kalsium yang dikonsumsi dalam jumlah yang tepat baik bagi kesehatan tulang, namun jika jumlahnya terlalu banyak tentu saja memberi risiko penyakit jantung, batu ginjal dan masalah kesehatan lainnya.


"Banyak orang berpikir semakin banyak itu semakin baik, namun dalam kasus ini lebih banyak tidaklah lebih baik," komentar Dr. Ether Siris dari New York-Presbyterian Columbia seperti dilansir dari MSNBC, Kamis (24/5/2012).


Mendapatkan jumlah asupan kalsium yang benar merupakan tantangan bagi setiap orang. Selama ini telah direkomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi 1000 mg kalsium perhari dan wanita di atas 50 tahun perlu mengonsumsi 1200 mg perhari. Namun tidak ada yang pernah menyatakan bahwa orang dewasa di atas 50 tahun sebaiknya mengonsumsi lebih dari 2000 mg perharinya.


Padahal kenyataannya, mudah sekali untuk mengonsumsi kalsium secara berlebihan karena 22 persen populasi orang dewasa di Amerika Serikat sendiri mengaku rutin mengonsumsi suplemen kalsium.


Selain suplemen, makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju dan yogurt juga bisa jadi alternatif. Jumlah kalsium ketiga jenis makanan itu sendiri lebih dari 300 mg. Bahkan beberapa jenis sereal mengandung kalsium hingga 1000 mg per porsinya.


Meski begitu bagi kesehatan tulang, orang-orang memang memerlukan kalsium, termasuk dalam bentuk suplemen, hanya saja disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan


Sumber : detik.com