Siapa Calon Gubernur DKI Pilihan Anda? - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Siapa Calon Gubernur DKI Pilihan Anda?

Profil singkat enam pasang  bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Siapa yang akan Anda pilih.

Alex Noerdin - Nono Sampono
Partai pengusung: Golkar



 
Alex Noerdin (61 tahun) adalah Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2013. Sebelumnya, Alex menjabat sebagai Bupati Musi Banyuasin periode 2001-2012.

Nono Sampono (59 tahun) berkarir di TNI Angkatan Laut hingga mendapatkan gelar Letnan Jenderal. Nono pernah menjadi Gubernur Akademi Angkatan Laut, Komandan Korps Marinir dan Kepala Badan SAR Nasional.
 
Faisal Basri - Biem Benyamin

Partai pengusung: calon independen.


Faisal Basri (53 tahun) adalah salah satu pendiri Majelis Amanah Rakyat yang kelak menjadi Partai Amanat Nasional. Dia juga ekonom, pernah menjadi komisioner Komisi Pengawasan Usaha dan aktif di berbagai organisasi nirlaba.

Biem Benyamin (48 tahun) dikenal sebagai tokoh Betawi penggagas Kongres Rakyat Betawi, juga pemilik BENS Radio. Putra ketiga seniman Benyamin Sueb ini juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah dari DKI Jakarta tahun 2004-2009.
 
Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli

Partai pengusung: Partai Demokrat


Sebagai Gubernur DKI Jakarta 2007-2012 yang sedang menjabat, Fauzi Bowo tentu ingin mempertahankan jabatannya. Dia adalah birokrat sejati yang memulai karirnya sebagai PNS tahun 1977. Dari Kepala Dinas, dia menjadi Wakil Gubernur Sutiyoso lalu menjadi Gubernur pertama di Jakarta yang dipilih secara langsung.

Nachrowi Ramli adalah ahli telik sandi yang berpangkat Mayor Jenderal TNI Angkatan Darat. Kini dia menjadi Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta. Nara yang asli Betawi juga menjadi Dewan Penasehat Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi).

Hendardji Soepandji - A Riza Patria
Partai pengusung: calon independen.


A Riza Patria (43 tahun) dikenal karena keaktifannya dalam organisasi pemuda. Dia adalah Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia. Deklarator Ormas Nasional Demokrat DKI Jakarta, dan kini aktif di Partai Gerakan Indonesia Raya.
Mayor Jenderal Purnawirawan Hendardji Soepandji menjabat sebagai Komandan Polisi Militer Daerah Militer Jaya saat kerusuhan 1998. Dia juga menjadi Ketua Umum Forki serta aktif mengurusi Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini
Partai pengusung: PKS


Hidayat adalah Ketua MPR periode 1999-2004. Sebelumnya, dia memimpin Partai Keadilan Sosial. Kini dia masih menjabat sebagai anggota DPR periode 2009-2014.

Didik J Rachbini (51 tahun) adalah politikus yang menjadi anggota DPR tahun 2004-2009 mewakili Partai Amanat Nasional. Didik juga ekonom dan peneliti serta pengajar di berbagai universitas.

Joko Widodo - Basuki Tjahja Purnama
 Partai pengusung: PDI Perjuangan dan Gerindra


Joko Widodo (51 tahun) adalah Walikota Solo periode 2005-2010. Sebelum terjun ke politik, Jokowi adalah pengusaha kayu. 90 persen pemilih mengukuhkannya kembali menjadi Walikota Solo pada periode 2010 hingga 2015.

Basuki Tjahja Purnama atau biasa dipanggil Ahok (45 tahun) adalah Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Ahok menjadi anggota DPR periode 2009-2014 dari Partai Golkar. Karena pencalonannya, Ahok mengundurkan diri sebagai anggota dewan maupun anggota Partai Golkar.

Baca juga:
Giliran Foke Dilaporkan ke Panwaslu
Jokowi Dilaporkan ke KPK


Panwaslu Hentikan Kasus Soal Ceramah Rhoma Irama
Ini Temuan ICW: Ada 27 Dugaan Pelanggaran dari 3 Pasangan Cagub DKI
Dana Kampanye Foke Tujuh Kali Lipat dari Jokowi
Ini Dia Rahasia Jokowi-Ahok Ungguli Foke-Nachrowi
Pemungutan Suara Putaran Kedua 20 Sep 2012
Siapa Calon Gubernur DKI Pilihan Anda?



Sumber : yahoo.com