Berbagai Permasalahan Kesehatan Yang Kerap Terjadi Seusai Lebaran - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Berbagai Permasalahan Kesehatan Yang Kerap Terjadi Seusai Lebaran

Dalam berbagai budaya di masyarakat, kemeriahan hari raya selalu dilengkapi dengan suguhan beraneka ragam hidangan yang menggugah selera, tak terkecuali saat lebaran. Jika tidak dapat mengontrol diri, bisa-bisa berat badan langsung meroket usai hari raya. Selain itu, beberapa gangguan kesehatan lain juga dapat menyertai.


Ironis memang, lebaran memiliki konsekuensi lain yang bisa menjadi buruk bagi kesehatan. Ada beberapa risiko kesehatan yang bisa mengintai jika tidak hati-hati, mulai dari bertambah berat badan, ketularan pilek sampai kecelakaan lalu lintas. Mewaspadai ancaman tersebut setidaknya akan membuat liburan hari raya jadi lebih aman tanpa melupakan kemeriahannya.

Seperti dilansir US News dan Health.com, Rabu (22/8/2012), berbagai gangguan kesehatan yang sering terjadi ketika liburan dan hari raya antara lain:

1. Naik Berat Badan
Makanan-makanan hari raya hampir semuanya enak, yang membuat tak enak biasanya hanya masalah selera. Oleh karena itu, jika tidak dikendalikan, makanan hari raya bisa menggoda untuk menggemukkan badan. Selalu pantau asupan makanan. Kalau perlu, hitung makanan apa saja yang telah dikonsumsi beserta kandungan kalorinya.

2. Serangan Jantung
Makanan yang banyak berlemak, daging merah, daging olahan dan kolesterol tinggi adalah hidangan khas saat hari raya. Bagi orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi ataupun kolesterol, waspadai datangnya serangan jantung. Yang perlu diperhatikan adalah porsi makan dan pilihan makanan. Lebih baik pilih makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang bernutrisi.

3. Keracunan Makanan
Ketika hari raya, kewaspadaan seringkali menurun karena terlalu banyak hal yang harus diurusi. Terkadang bahan-bahan makanan yang telah kadaluarsa luput ikut masuk dalam menu sajian dan akibatnya bisa fatal. Agar kesalahan ini tak terjadi, pastikan untuk selalu menyimpan bahan makanan dengan baik dan memasak makanan sampai benar-benar matang.

4. Tersedak
Sepele memang, tapi tersedak bisa berakibat fatal jika sampai menyumbat jalan napas. Menurut data National Safety Council di Amerika Serikat, hampir 3.000 orang meninggal setiap tahun cuma gara-gara tersedak. Jangan biasakan memakan makanan sambil berbicara apalagi tertawa. Kunyah makanan dengan baik sebelum ditelan.

5. Tertular Penyakit
Virus influenza dan pilek adalah penyakit yang paling gampang menular saat kumpul-kumpul bareng kerabat. Agar terlindungi dari kuman, sering-sering mencuci tangan sebelum dan setelah mengambil makanan. Selain mencegah tertular kuman, tindakan ini juga penting agar kuman tidak menulari orang lain.

6. Kecapekan Belanja
Musim liburan selalu disambut oleh sale besar-besaran. Belanja untuk keperluan hari raya mengharuskan orang membawa barang belanjaan yang banyak dan berat. Nyeri punggung dan sendi pun menyerang sehingga besoknya otot jadi kaku. Agar terhindar dari masalah ini, bawalah teman ketika belanja untuk mengangkut barang belanjaan.

7. Kecelakaan Lalu Lintas
Tidak di kota maupun di desa, musim liburan dan hari raya ikut menaikkan angka kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan ini disebabkan karena banyaknya kendaraan yang masuk ke jalan raya dan menurunnya kewaspadaan saat berkendara. Ketika merasa capek dalam perjalanan, sebaiknya istirahat saja, jangan dipaksakan mengendarai dalam keadaan lelah.

8. Gangguan Tidur
Ketika hari raya, perjalanan beberapa jam sampai hari rela ditempuh demi dapat berkumpul bersama sanak keluarga. Tak jarang perjalanan ini menyita waktu tidur sehingga membuat jam biologis terganggu. Meskipun berkumpul bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan, jangan lupakan kesehatan diri dengan mengurangi jatah jam tidur.

sumber : detik.com