Waspada, Uang Sarang Bakteri! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Waspada, Uang Sarang Bakteri!

Kita menyentuh banyak permukaan dengan tangan kita. Tanpa disadari tangan kita sudah menjadi sarang berbagai jenis bakteri.

Berbagai jenis bakteri mampu untuk hidup pada permukaan yang keras dan tidak keropos. Dalam kondisi tidak berubah, koloni bakteri akan bertahan beberapa jam pada jenis permukaan, dan bahkan kurang jika suatu upaya sanitasi dibuat.


Produk kimia digunakan di sekitar rumah, terutama yang dengan pemutih, membunuh bakteri lebih cepat. Begitu juga sinar matahari. Sinar ultra violet dari sinar matahari membunuh bakteri hampir seketika karena satu sel organisme tidak memiliki pertahanan terhadap radiasi berbahaya

Permukaan basah adalah tempat yang sempurna untuk bakteri. Kain, spons dan karpet yang basah adalah tempat tinggal yang sangat baik bagi bakteri karena melindungi mereka dari paparan lingkungan, udara kering atau sinar matahari, misalnya.

Bau adalah indikasi yang menunjukan adanya bakteri pada sebuah permukaan. Cuci spons atau kain dalam air atau menggunakan pembersih uap pada permukaan lembut, akan membunuh bakteri cukup cepat. Jika tidak, bakteri bisa hidup di permukaan yang selama beberapa hari (dalam kasus spons) atau minggu (dalam hal pakaian) atau bahkan berbulan-bulan (dalam kasus karpet).

Uang merupakan permukaan atas mana bakteri dapat hidup selama beberapa waktu. Uang kertas yang terburuk. Bakteri dapat hidup selama beberapa jam dalam uang koin. Uang paling banyak disentuh oleh ratusan, atau ribuan, orang, terjadi kontak dengan berbagai permukaan, dan berpori, yang memungkinkan bakteri untuk bermigrasi jauh di dalam serat untuk menghindari panas lingkungan. Uang bisa menjadi rumah bakteri selama beberapa minggu pada satu waktu, dan jika sering dapat terinfeksi kembali lagi dan lagi.

Tangan manusia adalah tempat favorit mereka. Kita menggunakan tangan untuk menyentuh segala sesuatu. Berjabat tangan, menyentuh uang, menutup mulut saat batuk atau bersin.

Ratusan jenis bakteri berada di tangan orang sepanjang waktu. Pencegahan yang paling penting untuk penyebaran bakteri adalah dengan mencuci tangan Anda. Gunakan sabun dengan air hangat, busa yang sehat, dan gosok dengan kuat.

Sabun anti bakteri tidak membantu jika Anda tidak mencuci tangan dengan baik. Bahkan, penyalahgunaan sabun antibakteri dapat membuat mikroba ini kuat. Bahkan, American Medical Association and Administration of Food and Medicine mempertanyakan penggunaan efektivitas sabun antibakteri terhadap penyebaran infeksi dan berteori bahwa penyalahgunaan tersebut akan membuat bakteri bermutasi di masa depan

sumber : okezone.com