Ruang Merokok Harusnya Dibuat Tidak Nyaman - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Ruang Merokok Harusnya Dibuat Tidak Nyaman

Di beberapa tempat, ruang merokok justru lebih nyaman karena dilengkapi dengan sofa dan berbagai jenis buku bacaan. Bagi kalangan aktivis anti rokok, ruang merokok yang terlalu nyaman akan membuat perokok makin malas untuk meninggalkan kebiasaan tidak sehatnya tersebut.

Keberadaan ruang merokok yang terlalu nyaman juga terkesan memanjakan para perokok. Seolah-olah hanya dengan menjadi perokok, sesorang berhak mendapat fasilitas senyaman dan sebagus itu.

"Penyediaan ruang merokok merupakan disinsentif bagi perokok. Bukan penghargaan bagi perokok," kata Hakim Samudra Pohan, aktivis anti rokok yang hadir dalam Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Terkait Konsumsi Tembakau yang digelar Kementerian Kesehatan di Hotel Park Lane, Senin (2/7/2012).

Hakim membandingkan penyediaan ruang merokok dengan tempat parkir di beberapa negara. Di banyak negara, tempat parkir justru dibuat tidak terlalu nyaman dengan harapan para pengendara akan beralih dari kendaraan pribadi ke fasilitas transportasi publik agar lebih ramah lingkungan.

Demikian juga dengan ruang merokok, kalau terlalu nyaman maka para perokok tidak akan semakin sulit menemukan motivasi untuk berhenti merokok. Seharusnya jika ruang merokoknya tidak nyaman dan susah diakses, maka diharapkan orang-orang akan semakin malas untuk merokok karena perjuangannya mencari tempat merokok tidak sebanding dengan manfaatnya.

Belakangan para aktivis anti merokok sedang getol-getolnya menentang keberadaan ruang merokok. Kalaupun mau disediakan tempat khusus untuk merokok, maka lokasinya harus berada di tempat terbuka dan terpisah dari gedung.

Menurut para ahli lingkungan, ruangan khusus merokok yang berada di dalam gedung tidak pernah bisa benar-benar mengisolasi asap rokok. Celah sekecil apapun tetap bisa dilalui oleh partikel-partikel racun dalam asap rokok, sehingga masih bisa meracuni udara di dalam gedung dan terhirup oleh orang-orang di luar ruang merokok.

Sumber : detik.com