Korsel Pindahkan Pusat Pemerintahannya - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Korsel Pindahkan Pusat Pemerintahannya

Korea Selatan (Korsel) meresmikan 'ibu kota mini', yang dibangun sebagai pusat pemerintahan baru.

Seperti diwartakan BBC, Senin (2/7/2012), pusat pemerintahan ini terletak di Kota Sejong, yang berjarak 120 kilometer di selatan ibu kota saat ini, Seoul.

Pemerintah Korsel tadinya menetapkan Sejong sebagai pengganti Seoul pada 2002, namun keputusan ini dimentahkan Mahkamah Konstitusi pada 2004.

Keputusan MK membuat pemerintah tidak bisa memindahkan seluruh kantor kementerian ke Sejong. Sejauh ini, yang dipastikan pindah sekitar 36 departemen dan lembaga negara.

Relokasi bakal dilakukan bertahap, dan diperkirakan selesai pada 2015. Dalam proses ini, akan pindah pula ribuan pegawai negeri sipil.

Sementara kantor presiden, kementerian pertahanan, dan kementerian luar negeri tetap berada di Seoul.

Sejak awal, pemerintah mengatakan pemindahan pusat pemerintahan akan membawa manfaat ekonomi ke Sejong dan kawasan-kawasan di sekitarnya.

'Ibu kota mini' ini juga menjauhi perbatasan dengan Korea Utara. Artinya, memiliki tingkat keamanan yang relatif lebih baik ketimbang Seoul.

Namun, beberapa pihak mengkritik pembangunan Sejong dengan alasan pemborosan anggaran, sebuah tudingan yang ditolak pemerintah.

"Kami akan mencoba meminimalkan potensi pemborosan, dengan melakukan koordinasi yang efektif di antara lembaga-lembaga negara," kata Perdana Menteri Korsel Kim Hwang-sik.

Bagaimana dengan Jakarta, ibu kota Indonesia? Apa menurut Anda saat ini sudah saatnya untuk pindah?