Ditemukan Spesies Bunglon Terkecil ! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Ditemukan Spesies Bunglon Terkecil !




Ilmuwan menemukan spesies bunglon mini yang sekaligus dinobatkan sebagai reptil terkecil. Bunglon itu begitu kecil, dan ukurannya hanya sedikit lebih besar dari kuku dan bisa bertengger di pentul korek api.

Spesies bunglon terkecil itu dinamai Brookesia micra. Panjang spesimen yang ditemukan berupa bunglon jantan hanya sepanjang 16 mm. Ilmuwan memperkirakan bahwa jantan dan betina spesies itu bisa tumbuh maksimal hanya 30 mm.


Frank Glaw, pimpinan peneliti, mengungkapkan bahwa spesies itu ditemukan di Madagascar lewat ekspedisi pada malam hari tahun 2003-2007. Ilmuwan mengakui bahwa spesies tersebut tidak terlalu sulit untuk ditangkap sebab hanya memanjat ranting pohoon setinggi 10 cm.
"Mereka tidur dan Anda bisa mengambilnya dengan mudah. Ini seperti mengambil strawberry. Mereka tidak bergerak semalaman penuh," ungkap Glaw yang merupakan ilmuwan Museum of natural History di Munich, Jerman, seperti dikutip Our Amazing Planet, Selasa (14/2/2012).

Berkomentar tentang hasil penelitian, Ted Townsend dari San Diego State University seperti dikutip Daily Mail, Selasa, menuturkan, "Ukuran bunglon menunjukkan bahwa hewan itu telah berevolusi di Madagascar dari nenek moyang yang kecil, tak seperti bunglon besar dan warna-warni yang kita kenal."
Selain Brookesia micra, ilmuwan juga menemukan tiga jenis bunglon lainnya. Ilmuwan juga memprediksi bahwa mungkin ada bunglon lain yang lebih kecil. Bunglon-bunglon yang ditemukan sangat rentan pada kerusakan habitat.

 Ilmuwan mengaku telah menemukan satu spesies bunglon yang sangat kecil, sehingga hewan itu bisa berdiri di atas ujung korek api. Kadal yang diberi nama Brookesia micra itu berukuran maksimal 29 milimeter. Hewan itu ditemukan oleh tim gabungan Jerman dan Amerika Serikat di Pulau Nosy Hara, lepas pantai Madagaskar.

"Pada siang hari sangat sulit menemukan bunglon tersebut karena mereka sangat kecil dan tidak banyak bergerak," ujar Frank Glaw, ilmuwan dari Pusat Koleksi Zoologis Negara di Muenchen. "Cara terbaik untuk menemukan mereka adalah pd malam hari dengan menggunakan senter karena saat petang bunglon itu akan memanjat pohon untuk tidur," imbuhnya.

Spesies itu adalah salah satu dari empat spesies bunglon yang ditemukan di Madagaskar. Spesies itu disebut sebagai yang terkecil di dunia.



Sumber : Dari berbagai sumber