Yang Baru di Blackberry Playbook 2.0 - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Yang Baru di Blackberry Playbook 2.0


Research in Motion (RIM) mengumukan ketersediaan OS 2.0 BlackBerry Playbook.OS terbaru bisa diunduh para pengguna Blackberry Playbook.

David J. Smith, SVP Mobile Computing, Research In Motion, melukiskan bahwa OS terbaru Dibangun di dalam tablet BlackBerry Playbook dengan kemampuan menjelajahi situs berkecepatan tinggi, kemampuan multimedia, dan kemampuan serba bisa. '' BlackBerry Playbook OS 2.0 ini memperkenalkan jenis komunikasi dan peningkatan produktivitas yang baru, dan memperluas bantuan aplikasi dan isinya,'' kata David J. Smith.

Lantas, fitur apa saja yang ada di Playbook 2.0. Paling tidak ada empat fitur inovatif di OS ini.
 
Imel terpadu menjadi salah satu fitur unggulan Playbook 2.0. Pada fitur ini, seluruh akun imel dan jejaring sosial diintegrasikan ke satu inbox tunhgal dengan notifikasi tunggal pula. Tak ada notifikasi yang muncul di masing-masing akun, seperti yang berlangung di Blackberry selama ini. Sekalipun terintegrasi ke dalam satu inbox, pengguna bisa dengan mudah memeriksa akun yang dimiliki. Untuk memeriksa akun twitter, misalnya, bisa masuk ke ikon twitter. Jika tak mau masuk ke akun asal, cukup memeriksa pesan yang masuk di inbox.  Inbox gabungan BlackBerry Playbook OS 2.0 menyatukan seluruh pesan ke dalam satu tempat, termasuk pesan jejaring sosial dari FacebookR, LinkedIn and Twitter, BBM, atau email pekerjaan maupun pribadi.


Integrasi Sosial Kalender dan Kontak.

Pada fitur ini, kontak yang ada di Playbook terintegrasi dengan sumber-sumber informasi lain yang terkait dengan kontak bersangkutan. Misalnya, salah satu kontak memiliki akun facebook atau twitter. Dengan fitur terbaru, pengguna Playbook 2.0 bisa mengetahui up date status dari koleganya yang ada di kontak saat yang bersangkutan membuka kontak koleganya itu. Melalui kontak ini, pengguna Playbook 2.0 bisa melakukan interaksi atau komunikasi menggunakan jejaring sosial tanpa harus membuka aplikasi jejaring sosial terlebih dahulu.

Pendekatan yang sama berlaku untuk calendar. Kegiatan yang dicatat dalam calendar bisa ditampilkan setiap saat. Pada saat yang sama pengguna Facebook juga bisa mengetahui apa agenda koleganya yang ada di kontak. Saling berbagi calendar dimungkinkan apabila calendar dimaksud telah disinkronkan ke jejaring sosial. Informasi dari jejaring sosial ini yang bisa dideteksi calendar yang ada di Playbook 2.0

BlackBerry Bridge

Fitur BlackBerry Bridge tidak hanya menyediakan koneksi yang terhubung secara langsung ke aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone BlackBerry (termasuk BBM, email, dan PIM). Koneksi antara smartphone dengan Playbook menggunakan fitur Blackbery Bridge memungkinkan pengguna dapat tetap membuka dokumen-dokumen, situs-situs, email, dan foto-foto yang ada smartphone BlackBerry dengan menggunakan Playbook. Koneksi ini, tentu saja, menawarkan kenyamanan pengguna ketika membuka file berkapasitas besar, foto atau menikmati videovuntuk penyajian gambar yang lebih optimal.
Blackberry Bridge juga memiliki fitur pengatur jarak jauh. Fitur ini membuat smartphone BlackBerry dapat digunakan sebagai pengatur nirkabel untuk keyboard dan mouse untuk BlackBerry Playbook yang dikoneksikan ke display atau LCD. Blackberry Bridge juga dimaksudkan untuk mengatasi kendala wireless fidelity. Karena untuk koneksi bisa menggunakan smartphone, untuk aktivitas bisa digunakan Playbook.

Optimasi Office
Ada sejumlah pembaruan untuk fitur office atau fitur perkantoran. Selain aplikasi document To Go Premium, Playbook 2.0 kini memiliki aplikasi print To Go. Juga dilakukan pembaruan pada fungsi pengaturan dokumen, sekaligus peningkatan kontrol serta keteraturan data milik perusahaan dengan menggunakan BlackBerry Balance. Aplikasi ini memang menawarkan kenyamanan bekerja.  Selanjutnya ada keyboard virtual terbaru dengan pengoreksian yang prediktif dan otomatis untuk melengkapi kata berikutnya membuat penggunanya dapat mengetik lebih cepat dan akurat.
Print To Go menawarkan kemudahan melakukan pencetakan virtual dari PC atau laptop ke Playbook menggunakan wireles fidelity. Selanjutnya pengguna bisa melakukaan penggelolaan dokumen di Playbook, misalnya menambahkan data atau informasi terbaru, lalu mengembalikan lagi ke PC atau laptop.

Aplikasi AndroidAda perkembangan menarik dalam hal aplikasi. Playbook 2.0 mendukung aplikasi yang sebelumnya dikembangkan untuk Android. Aplikasi ini setelah mengalami penyesuaian di sistem Blackberry, bisa dinikmati para pengguna Playbook 2.0. Namun aplikasi Android dimaksud hanya bisa diunduh melalui Blackberry Apps saja. Pengguna belum bisa melakukan pengunduhan langsung ke Android Market atau sumber lain. RIM juga mengembangkan Video Store yang baru dan kapasitas untuk menjelajahi situs yang telah ditingkatkan juga tersedia.

Enhanced Web BrowsingPada Playbook 2.0 juga dilakuan pembaruan di sisi browsing. Dalam hal ini fitur yang dikembangkan menawarkan kenyamanan pengguna saat membuka portal berita. RIM melakukan  penyesuaian dengan menampilkan tampilan baru.Misalnya Anda membuka sebuah portal berita dan tertarik untuk membaca satu berita Tinggal klik judul, Playbook akan menampilkan konten yang dipilih dengan cepat. Hanya saja yang ditampilkan hanya teks, tanpa gambar atau ilustrasi. Namun demikian tampilan baru cukup menyenangkan karena tampil baik dengan font huruf yang lebih besar.

Bersamaan dengan peluncuran BlackBerry PlayBook OS 2.0, RIM terlebih dulu meluncurkan BlackBerryR Mobile Fusion yang mendukung BlackBerry PlayBook dan smartphone BlackBerry. Peluncuran secara keseluruhan dari BlackBerry Mobile Fusion ini, dengan dukungan kemampuan pengelolaan perangkat untuk iOS dan Android, masih dalam proses penyediaan secara umum pada akhir Maret 2012.