Insomnia? Minum Jus Ceri! - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Insomnia? Minum Jus Ceri!

Kesulitan tidur di malam hari memang selalu bikin gemas para penderitanya. Apalagi esok paginya harus bekerja. Tidur yang cukup merupakan langkah awal untuk mengurangi penyakit, seperti serangan jantung.

Jika saat masih kecil, ibu sering menyuruh Anda minum susu hangat sebelum tidur, mulai sekarang lupakan ajakan tersebut. Penelitian terbaru menyarankan para penderita insomnia untuk mengonsumsi segelas jus ceri sebelum beranjak naik ke tempat tidur.



Para peneliti menganjurkan untuk secara rutin minum segelas jus ceri untuk meningkatkan kualitas tidur. Para peneliti dari School of Life Sciences di Northumbria University, mengatakan bahwa jus ceri montmorency secara signifikan meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh, yakni, senyawa alami yang sangat mempengaruhi siklus tidur manusia.

Sampel urin juga diambil dari seluruh partisipan sebelum dan selama masa investigasi untuk menentukan kadar melatonin,

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Glyn Howatson, diamati 20 relawan sehat yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diberi porsi 30 ml jus cheri, sedangkan kelompok lainnya diberi jus plasebo dua kali sehari selama 7 hari dan dilengkapi dengan sensor untuk memonitor pola tidur mereka.

Para peserta yang mengonsumsi jus ceri memperlihatkan peningkatan total waktu tidur sekitar 25 menit lebih lama dan memperlihatkan 6 persen peningkatan dalam kualitas tidur mereka.

Para peneliti berharap penelitian itu bisa menjadi solusi bagi para penderita insomnia, jetlag dan pekerja shift malam.