Sejuta Manfaat Ketimun untuk Manusia - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Sejuta Manfaat Ketimun untuk Manusia

Ketimun atau Scientifict Cucumis Sativus tak hanya enak dan menyegarkan untuk di makan, sebab khasiat buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ketimun cukup mudah ditemui, sebab sering dijadikan sebagai pelengkap lalapan, pecal, maupun minuman segar. Sebuah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak dan 2,2% karbohidrat. Selain itu, ketimun juga mengandung zat bermanfaat lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.


Jadi, ketimun adalah bahan penyegar yang dingin. Obat pembersih dan pelembab sekaligus bagi semua jenis kulit wajah. Hambat kehadiran kerutan pada wajah dengan cara menempelkan irisan ketimun atau masker ketimun pada wajah secara rutin untuk menghambat hadirnya keriput dan membuat kulit makin lembut. Ketimun juga bisa menetralisir kulit berminyak, mengatasi jerawat, bengkak di sekitar mata. Ketimun terkenal efektif menghilangkan jerawat ringan. Tempelkan irisan ketimun di bagian wajah yang berjerawat dan tunggulah hasilnya dalam waktu singkat.

Campur jus ketimun dengan sedikit susu, lalu gunakan sebagai pembersih muka. Niscaya kulit Anda akan tampak bersih bersinar. Ambil dua buah irisan ketimun, lalu tempelkan pada kedua kelopak mata. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian rasakan manfaatnya, mata akan telihat segar dan cerah. Masalah dengan mata sembab akan musnah. Wajah letih dan lesu menghilang seketika.

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, mengonsumsi ketimun bisa jadi solusi untuk obat pelangsing, karena kandungan kalorinya yang rendah dan kaya akan serat. Kandungan lain dalam mentimun antara lain adalah asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan khasiat ketimun selain untuk memertahankan kesegaran dan kecantikan wajah:
  1. Berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.
  2. Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi, terutama akibat hipersensitivitas terhadap natrium seperti garam dapur, petsin atau soda kue.
  3. Memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi sakit pada tenggorokan atau luka sariawan.
  4. Memerlancar buang air kecil sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung dan menurunkan tekanan darah.
  5. Dapat dipakai untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan dan ‘memadamkan’ kulit yang terbakar matahari. Bagian tubuh yang tersiram air panas-pun jika dibalut dengan parutan daging ketimun, akan dengan cepat terobati.
  6. Obat Demam. Ambil ketimun dua-tiga biji. Parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada bagian perut. Lakukan hingga demam mereda.
  7. Mengobati penyakit cacingan. Karena biji ketimun diketahui mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti yang mampu memusnahkan cacing dalam tubuh kita.
  8. Biji ketimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan, akibat batuk yang diikuti dengan suara yang hilang. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji ketimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.
  9. Ketimun yang di makan mentah atau sudah di masak, juga kerap dijadikan obat alami penyembut sakit kepala terus menerus yang menyebabkan penurunan berat badan. Begitu pula dengan penyakit disentri, dapat sembuh dengan mengonsumsi buah ini.
  10. Mata yang sering lelah dan mengantuk. Tempelkan irisan ketimun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak untuk mengatasi mata yang sering lelah dan mengantuk.
  11. Jus ketimun juga dapat merawat kulit dari kudis. Tak heran juga kalau ketimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.
  12. Mengobati sariawan. Makanlah ketimun sembilan buah sehari, lakukan secara rutin.