Jembatan Cisomang Bergeser 53 Cm, Menteri PU: Mobil Kecil Boleh Lewat - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Jembatan Cisomang Bergeser 53 Cm, Menteri PU: Mobil Kecil Boleh Lewat

jembatan-cisomang-di-tol-cipularang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan adanya pergeseran tanah di Jembatan Cisomang yang ada di ruas jalan tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Pergeseran terdeteksi pada bagian atas pilar kedua jembatan ke samping sejauh 53 centimeter (cm).

Untuk alasan keselamatan, hanya kendaraan golongan satu saja yang boleh melintasi jembatan Cisomang. Sedangkan untuk kendaraan kategori berat seperti truk dilarang melintas dan dialihkan keluar jalan tol sebelum jembatan Cisomang dan bisa masuk lagi ke Tol Purbaleunyi setelah jembatan Cisomang.

"Mulai hari ini kita larang truk lewat situ, kalau mobil kecil masih bisa lewat," jelas Basuki di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

Mengantisipasi lonjakan lalu lintas di Tol Purbaleunyi, khususnya di kendaraan yang melalui jembatan Cisomang, Kementerian PUPR menugaskan Jasa Marga untuk memantau pergeseran tanah di jembatan Cisomang. Tentunya sebagai operator, Jasa Marga juga diminta aktif memberikan informasi jalan alternatif kepada pengguna jalan tol.

"Kita minta Jasa Marga sebagai operator mengamati displacement jembatan ini per jam atau harian. Apalagi khususnya liburan panjang ini pasti banyak kemacetan di sana," tutur Basuki.

Basuki menambahkan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan perbaikan tiang pondasi di jembatan Cisomang. Dirinya pun belum bisa menargetkan kapan jembatan Cisomang selesai diperbaiki dan kembali bisa dilalui dengan normal.

"Pak Dirjen Bina Marga sudah buat rencana kerja untuk mulai mobilisasi peralatan untuk perbaikan seperti bore pile dan sebagainya," ujar Basuki.

(detik.com)