Memanfaatkan Lahan Kosong Sebagai Taman Rumah - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Memanfaatkan Lahan Kosong Sebagai Taman Rumah

small house

Desain rumah minimalis sejatinya tidak terpaku pada pemilikan lahan yang sempit, namun pandangan masyarakat saat ini rumah yang mungil tanpa banyak sentuhan lain dikatakan minimalis padahal sebenarnya tidak demikian, banyak orang yang mempunyai lahan luas tidak dibangun dengan bangunan yang “ wah “ melainkan dilirik dari segi kenyamanan dan biaya.

Salah satu pendukung agar rumah anda tampak hidup adalah adanya sebuah taman pada lahan yang tidak digunakan atau kosong sepeti bagian sisi rumah, belakang, depan bahkan dalam ruangan sekalipun. Dengan hadirnya taman yang cantik akan membuat anda lebih terasa segar, tidak sumpek, eksotis dan tampak bernyawa.

Sebelum anda membuat taman di rumah, ada baiknya mengenali dulu jenis lahan yang ada, disaat lahan kosong tidak tersedia maka anda dapat memanfaatkan pagar rumah untuk digantungi tanaman bunga pot, sedangkan bagian bawahnya ditanami rumput hijau seperti rumput gajah, untuk menyesuaikan warna dan corak dapat anda buat sedikit sentukan dengan jalan setapak ataupun menyebarkan batuan kerikil.

Untuk membuat hal ini tidak diperlukan lanskaper melainkan anda dapat membuat sendiri di rumah, selain menyenangkan, lanskaper pribadi tentunya akan menghemat biaya pula. Ada banyak kok desaian taman yang tersebar di internet dan dapat anda tiru sesuai selera.

Selain mengisi lahan dengan tanaman kecil, jika memungkinkan anda membuat sebuah kolam kecil dengan  air mancur di tengahnya, tambahkan pula beberapa ikan hias yang mempunyai corak mencolok seperti ikan mas merah, ikan koi dan ikan guppy. 

Untuk kelengkapan di malam harinya, buatkan sebuah tiang untuk menempatkan lampu tepat di atas atau di samping kolam, penerangan cukup pada malam hari juga akan terkesan cantik dan elegan apalagi saat anda santai di depan rumah sambil melihat aneka ikan yang “ bergentayangan “ di kolam anda, pancaran sinar lampunya membentuk corak yang cantik pada sisik ikan yang ada.

Jadi apakah anda mau mencobanya ? Selamat mencoba ya.