Tips Menjaga Kamera saat Traveling - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Tips Menjaga Kamera saat Traveling

img
Kamera adalah barang wajib saat traveling. Memotret dan merekam kecantikan alam tiap detiknya, akan menjadi cerita tersendiri. Oleh karena itu, perhatikan 6 tips berikut agar kamera Anda terjaga selama perjalanan.
Pesona keindahan alam harus Anda abadikan dalam kamera. Itulah oleh-oleh perjalanan Anda yang sangat tidak ternilai harganya. Foto-foto cantik tersebut juga dapat dilihat oleh sesama traveler lain untuk berbagi pengalaman. Disusun detikTravel, Rabu (18/7/2012), inilah tips menjaga kamera saat traveling:

1. Perhatikan kondisi sekitar

Saat membawa kamera, perhatikan kondisi di sekitar jalan yang Anda lalui. Jika Anda trekking, maka pastikan kamera terpegang dan terjaga dengan benar agar tidak tergores ranting pohon atau bebatuan. Jika Anda melakukan perjalanan air, masukan kamera ke dalam tas, siapkan plastik untuk melindungi kamera, atau duduklah di tempat yang jauh dari cipratan air akan menjaga barang berharga Anda tersebut.

2. Siapkan tas kamera

Inilah yang paling utama dalam menjaga kamera saat traveling, yaitu siapkan tas kamera. Meski Anda sudah membawa ransel dengan ukuran yang besar dan masih muat untuk menaruh kamera, tetapi peran tas kamera sangatlah penting. Tas kamera adalah pelindung pertama kamera Anda dari goresan atau debu-debu di jalan.

Siapkan tas yang tebal dan pas dengan kamera Anda. Jangan terlalu kecil atau kebesaran, karena akan membantu Anda untuk mudah mengeluarkan kamera.

3. Jaga tutup lensa

Bagi Anda yang membawa kamera SLR, tutup lensa adalah barang paling berharga. Tutup lensa memiliki peran untuk melindungi lensa kamera dari goresan. Jika lensa Anda rusak atau tergores, maka dijamin Anda tidak akan mendapatkan hasil gambar yang sempurna.

Jaga terus tutup lensa Anda saat Anda hendak mengambil gambar. Alangkah baiknya jika Anda kantungkan atau taruh di dalam tas kamera, biar tidak hilang atau tertinggal.

4. Pakai kamera secara efisien

Akan sangat menyenangkan memotret tiap detik perjalanan dalam kamera Anda. Akan tetapi, saat kamera tidak digunakan, pastikan kamera Anda berada dalam kondisi off atau mati. Hal ini akan sangat menjaga daya tahan baterai kamera Anda.

Selain itu, hal ini juga memberikan rasa aman terhadap kamera Anda dalam perjalanan. Simpan kamera di dalam tas, sehingga meminimalisir niat pengutil untuk mengambil barang Anda.

5. Bersihkan kamera sebelum tidur

Mungkin, banyak traveler yang malas dan mengabaikan untuk membersihkan kamera saat perjalanan. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk merawat kamera Anda. Membersihkan kamera dapat dilakukan dengan alat-alat khusus pembersih kamera, seperti kuas, lap, dan lain-lain.

Anda dapat membersihkan kamera dari debu-debu yang menempel di sepanjang perjalanan. Anda pun bisa membersihkan kamera sebelum tidur saat bermalam di penginapan. Sisihkan waktu sebentar saja untuk merawat kamera Anda,

6. Taruh kamera di tempat yang aman

Meletakkan kamera di tepi kasur atau di kursi bisa menjadi awal kerusakan. Kamera Anda bisa tertimpa atau malah jatuh. Biasakan menaruh kamera di tempat aman seperti lemari atau meja. Jangan sampai gadget rusak karena kelalaian Anda.

Satu lagi yang harus diperhatikan, jangan pernah menyimpan kamera di dekat jendela di tempat penginapan. Simpanlah baik-baik di dalam tas agar terhindar dari tindakan pencurian.

Sumber : detik.com