Makan Siang di Meja Kerja Sebabkan Pembekuan Darah - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Makan Siang di Meja Kerja Sebabkan Pembekuan Darah



Kesibukan sering kali membuat Anda tak memiliki waktu istirahat yang leluasa. Makan siang pun hanya dapat Anda lakukan di tempat kerja. Segeralah ubah perilaku tersebut demi investasi kesehatan.


Berdasarkan hasil penelitian, seorang peneliti memperingatkan bahayanya makan siang di atas meja kerja. Pasalnya, makan siang yang terpaku di tempat kerja dapat membuat dua kali lipat adanya kemungkinan terjadinya gumpalan darah yang fatal.



Sebuah survei menemukan tiga dari empat pekerja kantor muda yang gagal mengambil waktu untuk istirahat makan siang. Setelah 90 menit dalam keadaan tidak bergerak, aliran darah menuju vena belakang lutut mengalami penurunan hingga 50 persen.


Sebuah survei yang dilakukan ComRes terhadap 1.000 profesional muda berusia 21 sampai 30 tahun dan pemain video game berusia 16 sampai 21 tahun menemukan tiga perempat dari pekerja kantor (73 persen) mengaku makan siang di tempat kerja mereka.


Sedangkan sembilan dari 10 pemain video game bermain lebih lama dari 90 menit tanpa istirahat.


Sebuah survei terpisah dari 400 pekerja yang dilakukan Dr Richard Beasley, Direktur Institut Penelitian Medis di Selandia Baru, mengungkapkan risiko 2,2 kali lipat dari bekuan darah di antara mereka yang biasanya makan siang duduk di tempat kerja mereka.


"Orang-orang sudah banyak yang tahu bahwa gaya hidup masa kini yang kurang banyak menggerakan badan meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung di kemudian hari," ujar Beasley sebagaimana dilansir Dailymail, Rabu (16/5/2012).


"Namun, sangat sedikit yang menyadari adanya fakta imobilitas berkepanjangan di tempat kerja juga menimbulkan ancaman tersebut secara langsung," imbuhnya.


"Orang-orang harus dididik mengenai risiko yang terkait dengan duduk untuk waktu yang lama," tegasnya.


Diperkirakan ada lebih dari 60.000 kasus penggumpalan darah di Inggris setiap tahun disebabkan penyumbatan pembuluh darah.


Penyakit penggumpalan darah atau Deep Vein Thrombosit (DVT) dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, penebalan arteri, dan merasa panas. Sedangkan penggumpalan darah akut bisa membuat kaki sakit, migrain, pendarahan di hidung atau mata, dan stroke.


Bahkan tidak mustahil kematian bisa terjadi bila penyumbatan itu telah masuk dalam pembuluh darah vital di paru-paru atau jantung.


Untuk itu, sangat baik adanya bila mengoptimalisasi waktu istirahat makan siang Anda. Tinggalkan sejenak meja kerja, beranjaklah minimal untuk bangun dan berjalan-jalan agar otot-otot di kaki Anda meregang dan darah mengalir dengan lancar.


Jangan biarkan pekerjaan membuat Anda terancam berbagai penyakit yang berisiko kematian hanya karena terlalu sering berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama


Sumber : okezone.com