Bergaji Rp 134 Miliar, CEO Citigroup Batal Dapat Bonus - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Bergaji Rp 134 Miliar, CEO Citigroup Batal Dapat Bonus




Para pemegang saham Citigroup menolak rencana pemberian bonus untuk Chief Executive Officer (CEO) Vikram Pandit. Michael Helfer, penasehat umum dan sekretaris perusahaan mengumumkan pada rapat tahunan Citi. Dari hasil voting yang digelar Selasa, sementara ini hanya 45% suara yang setuju.



Dilansir dari CNBC, Rabu (18/4/2012), Citigroup mungkin sudah membuat para pemegang sahamnya kesal karena menaikkan gaji Pandit menjadi US$ 14,8 juta (Rp 134,6 miliar) tahun lalu. Angka tersebut sama dengan gaji level eksekutif sebelum krisis kredit menyerang, padahal masih banyak masalah yang harus dihadapi Citibank.


Vikram Pandit
Bulan lalu, Citigroup menjadi satu-satunya institusi keuangan raksasa yang gagal dapat persetujuan regulator untuk meningkatkan dividen dan pembelian kembali saham. Pandit hanya mendapat simbolis US$ 1 pada 2010 tapi naik jadi US$ 128.741 pada 2011.


Kejadian ini jadi sinyal terakhir bahwa para pemegang saham sedang menekan jajaran top eksekutif karena gagal menunjukkan performa baik.


Pada hari Senin, Citigroup mengumumkan penurunan pendapatan bersih sebanyak 2% pada triwulan pertama 2012 dibanding tahun lalu. Mencerminkan kesulitan bank menggenjot profit di tengah lesunya ekonomi global.


Namun harga saham Citigroup tahun ini stabil dan cenderung menguat. Hingga sekarang, sahamnya sudah naik lebih dari 33%, mendekati US$ 35,08 (Rp 319.000) di New York Stock Exchange.


Richard Parsons, ketua dewan direksi menganggap ini masalah serius dan akan segera mengadakan pertemuan antar direksi dengan perwakilan pemegang saham untuk mendiskusikan keberatan mereka.


Mayoritas saham Citigroup dipegang oleh investor institusional, tapi hanya beberapa ratus manajer keuangan profesional yang terlihat menghadiri pertemuan ballroom di Dallas yang terisi setengah penuh itu.


Para pemegang saham yang bicara adalah investor kecil atau perwakilan kelompok sosial. Tidak ada perwakilan dari perusahaan manajemen investasi besar yang bicara.


Sumber: detik.com