Kurangi Gejala Alergi yang Muncul dengan Pemijatan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Kurangi Gejala Alergi yang Muncul dengan Pemijatan

Saat mengalami alergi biasanya disertai pula dengan gejala yang membuat kondisi makin tidak nyaman. Tapi gejala dari alergi ini bisa diatasi dengan melakukan pemijatan.


Peneliti dari Ohio State University menemukan penderita alergi bisa mengalami serangan yang lebih berat dan panjang jika ia berada di bawah tekanan. Untuk itu sentuhan seperti pemijatan bisa membantu.



Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine diketahui bahwa pijat bisa menurunkan kadar hormon stres kortisol serta merangsang sistem kekebalan tubuh.


Pijat ini efektif bisa mengurangi gejala dari alergi yang muncul seperti stres, kecemasan dan juga sakit kepala, karena bisa meningkatkan sirkulasi dan melepaskan ketegangan otot, seperti dikutip dari Health24, Jumat (25/5/2012).


Pemijatan yang dilakukan dengan menekan secara lembut titik-titik akupresur, kondisi ini bisa membantu mengurangi gejala dalam waktu beberapa menit. Pemijatan bisa dilakukan selama 20 detik sampai 2 menit.


Untuk mengurangi gejala alergi hidung tersumbat dengan menempatkan jari telunjuk di sudut-sudut dalam alis yang dekat dengan tulang hidung atas. Gunakan tekanan lembut dan lambat hingga pijatan terasa.


Untuk meredakan sakit kepala akibat alergi, lakukan pemijatan di sudut luar alis di atas pipi dengan gerakan melingkar ke arah telinga. Gerakan ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit.


Sedangkan untuk meredakan stres, tekan bagian antara ibu jari dan telunjuk dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk dari tangan yang lain. Letak ibu jari berada di sisi atas dengan tekanan sedang, lalu dilakukan pengulangan.


Sumber :detik.com