BBC Diprotes Karena Tayangkan Foie Gras - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

BBC Diprotes Karena Tayangkan Foie Gras

Foie gras masih menjadi kontroversi. Banyak yang menentang karena proses pengadaannya yang kejam, namun tak sedikit pula yang menyukai rasanya yang lezat. Ketika BBC menayangkan foie gras dalam hidangan, warga Inggris protes.

Foie gras adalah hati angsa Perancis yang sangat gurih dan lembut. Namun, banyak aktivis pembela hewan yang menentang penggunaan foie gras karena sistem peternakannya. Bebek atau angsa diberi makan paksa hingga hatinya membesar dan menjadi bahan makanan bernilai tinggi bagi manusia.


Dalam acara Great British Menu di BBC2, beberapa chef berkompetisi membuat hidangan spesial bertema 'glittering Olympic banquet' (jamuan makan Olimpiade yang gemerlap).

Dua dari chef yang berpartisipasi, Johnnie Mountain dan Aiden Byrne, ternyata menggunakan foie gras dalam masakannya. Johnnie menyajikan es krim foie gras, sementara Aiden menghidangkan black cherry and foie gras terrine.

Setelah episode yang ditayangkan Senin (7/5) tersebut, BBC menerima lebih dari 400 protes. Para aktivis pembela hak hewan mengutuk perusahaan penyiaran tersebut karena telah menayangkan hidangan berbahan foie gras. Mereka menuntut BBC melarang bahan makanan ini dari acara Great British Menu.

Viva, organisasi pecinta binatang, telah meminta anggotanya melayangkan protes ke BBC. "Di Great British Menu, kita seharusnya melihat hidangan terbaik Inggris, bukannya menyaksikan kekejaman yang sama sekali tidak berasal dari Inggris," ujar salah satu juru bicara Viva, seperti dikutip dari Daily Mail.

Organisasi ini juga mengajak warga Inggris untuk komplain ke BBC. "Kami keberatan uang yang kami bayarkan untuk memperoleh siaran BBC (license fee, red.) digunakan untuk memberi honor chef yang memasak foie gras," tambah si juri bicara.

Menurut Viva, foie gras sudah banyak digunakan dalam acara Great British Menu. Mereka juga berpendapat bahwa BBC mengizinkan foie gras disajikan dan ditayangkan di TV, sehingga hidangan ini semakin terkenal. Padahal, stasiun TV ini dibiayai oleh uang rakyat.

BBC membela diri dengan mengatakan bahwa foie gras adalah barang legal, dijual bebas, dan banyak orang yang suka. "Selama foie gras legal, tersedia bebas, dan masih menjadi menu restoran di seluruh dunia, kemungkinan makanan ini digunakan dalam program memasak masih ada. Kalau dilarang, tentu saja kami juga tidak akan lagi menggunakannya," ujar si juru bicara.

Menurut Daily Mail, produksi foie gras di Inggris memang ilegal, namun tidak ada larangan terkait foie gras impor.

Great British Menu adalah program memasak yang telah memasuki seri ketujuh. Acara di stasiun BBC2 ini ditonton oleh sekitar 2 juta orang.