Dahlan Iskan Segera Ubah Semen Gresik Jadi Semen Garuda - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Dahlan Iskan Segera Ubah Semen Gresik Jadi Semen Garuda



Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan segera mengubah nama PT Semen Gresik Tbk (SMGR) menjadi Semen Garuda. Hal ini dilakukan setelah perusahaan plat merah itu resmi menjadi induk usaha alias holding company bagi seluruh BUMN semen.


Saat ini, seluruh BUMN semen akan didorong untuk ekspansi guna mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi. Dahlan percaya, dengan terus melakukan investasi di segala bidang, pertumbuhan ekonomi akan terjaga.



"Ekspansi pabrik semen di Sumatera bukan hanya dilakukan grup Semen Gresik (kelak akan berganti nama menjadi Grup Semen Garuda). Tapi juga oleh BUMN lain, PT Semen Baturaja di Sumatera Selatan. PT Semen Baturaja, tahun ini go public. Punya kemampuan untuk ekspansi," katanya dikutip dari situs Kementerian BUMN, Senin (9/4/2012).


"Grup Semen Gresik memang punya kemampuan luar biasa untuk melakukan ekspansi. Unit 4 Semen Tuban itu misalnya, sama sekali tidak menggunakan dana dari bank. Semua menggunakan dana sendiri. Unit 5 Semen Tonasa yang semula direncakan 70% dana perbankan, tidak jadi dipakai seluruhnya," tambahnya.


Ia mengatakan, Semen Baturaja akan membangun pabrik yang kedua dengan kapasitas 1,5 juta ton per tahun, dimulai tahun ini untuk memberikan dorongan perkembangan ekonomi Sumatera. Apalagi, tahun depan banyak sekali pembangkit listrik yang sudah jadi. 


"Dua hambatan dasar terbesar untuk pembangunan teratasi. Jalan tol pun dimulai dibangun di Sumatera. Semua itu akan membuat pembangunan di Sumatera tidak akan bisa tertahan lagi," jelasnya.


Dahlan mengatakan, Grup Semen Gresik sudah bisa menjadi contoh BUMN yang berkelas dunia. Bukan saja segera menjadi yang terbesar di Asia Tenggara tapi juga punya kesiapan berkembang di segala bidang. 


Bahkan, kata Dahlan, SMGR sudah mampu membangun pabrik modern dengan cara swa kelola. Tidak perlu BOT, BOO, atau pun EPC. 


"Unit 4 Semen Tuban dan unit 5 Semen Tonasa yang termodern itu, misalnya, dibangun sendiri oleh orang-orang Grup Semen Gresik. Untuk mencapai tahap ini, BUMN seperti Pertamina atau PLN pun masih tertinggal jauh," ujarnya.


Sumber: detik.com