Honda Bangun Pabrik Baru di Indonesia - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Honda Bangun Pabrik Baru di Indonesia



Produsen otomotif ketiga terbesar Jepang Honda Motor mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan membangun pabrik sepeda motor di Indonesia yang akan menghasilkan 1,1 juta motor baru per tahun untuk memenuhi permintaan di negara ini.




Pabrik baru, yang dioperasikan oleh mitra lokal bersama Honda yakni PT Astra Honda Motor, akan memakan biaya 3,13 triliun rupiah dan menambahkan 3.000 pekerjaan baru, ujarnya.



Dirancang untuk memenuhi permintaan, pabrik tersebut berada pada kawasan industri yang berada 70 kilometer dari timur Jakarta dan merupakan pabrik keempat yang dioperasikan oleh mitra Honda, kata pembuat mobil tersebut.


Hal ini akan membuat kapasitas operasi perusahaan patungan menjadi 5,3 juta unit per tahun.


Honda mengatakan pabrik baru, yang dijadwalkan dibuka tahun depan, diperlukan "untuk memenuhi permintaan pasar yang kuat" di Indonesia.


"Pasar sepeda motor Indonesia merupakan ketiga terbesar di dunia setelah China dan India, dan perluasan ini lebih jauh lagi diharapkan merupakan dasar stabilitas ekonomi dunia dalam beberapa tahun terakhir," ujar Honda dalam satu pernyataan. 




AHM Incar 60 Persen Pangsa Pasar Skutik



PT Astra Honda Motor (AHM) menargetkan penguasaan pasar sepeda motor bertransmisi otomatik (skutik) sebesar 57-60 persen di Indonesia.


"Dari total penjualan (Honda) yang kami proyeksi mencapai 4,6 juta sampai 4,8 juta unit tahun ini, kami menargetkan penjualan skutik sebanyak 57-60 persen atau sekitar tiga juta unit," kata Presdir AHM Yusuke Hori di Jakarta, Senin.




Tahun lalu, lanjut dia, AHM telah memimpin pasar skutik di Indonesia dengan angka 57,4 persen. Pada 2011 penjualan skutik Honda mencapai sekitar 2,38 juta unit atau naik 53,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.


Pertumbuhan penjualan skutik Honda tersebut lebih tinggi dibandingkan peningkatan penjualan skutik nasional yang mencapai 22,9 persen. Pada 2011 penjualan skutik secara nasional mencapai sekitar 4,1 juta unit naik dibandingkan tahun sebelumnya 3,376 juta unit.


"Dalam dua tahun terakhir penjualan skutik kami meningkat tiga kali lipat, menyusul beroperasinya pabrik ke-3 kami di Cikarang dengan kapasitas 500 ribu unit tahun," katanya. Skutik, menjadi andalan penjualan AHM.
Menurut GM Senior Bidang Penjualan Sigit Kumala, pada 2011 dari sekitar 4,27 juta penjualan sepeda motor Honda, sekitar 55 persen diantaranya berasal dari skutik.


"Penjualan skutik terbesar memang masih di segmen 'low' sebesar 55,7 persen, namun pertumbuhan penjualan di segmen skutik kelas atas, yang tertinggi," kata Sigit.



Sumber: id.berita.yahoo.com