Sirsak (Soursoup), Manfaatnya Untuk Kesehatan - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Sirsak (Soursoup), Manfaatnya Untuk Kesehatan

 Buah sirsak kaya Vitamin C dengan kandungan 20 mg per 100 gram daging buah. Kandungan Vitamin C yang sangat tinggi pada buah sirsak merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.  Selain itu sirsak juga kaya serat yang mencapai 3,3 g per 100 g daging buah, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.



Salah satu manfaat sirsak adalah sebagai obat kanker. Daun sirsak mengandung acetogenins yang dapat membunuh berbagai macam sel kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker pankreas. Keistimewaannya adalah, sirsak hanya membunuh sel kanker atau sel abnormal seperti radikal bebas yang mengandung sel kanker, namun tidak merusak sel-sel yang sehat. Inilah yang membuat para ilmuan terus melakukan penelitian untuk mendapatkan hasil terbaik.


Cara penggunaan sirsak sebagai obat kanker :
Ambillah 10-15 lembar daun sirsak, jangan terlalu muda atau terlalu tua. Karena jika terlalu tua senyawanya sudah mulai berkurang atau rusak. Sedangkan yang masih muda, senyawanya masih belum terbentuk. Kemudian rebuslah dengan 3 gelas air atau sekitar 600cc sampai hanya tersisa 1 gelas. Kemudian air rebusan diminum setiap hari, bisa pagi, siang atau sore hari, selama 3-4 pekan.






Hanya dengan mengkonsumsinya secara langsung, kita bisa mendapatkan manfaat sirsak yang melimpah seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi depresi, mengobati asam urat, dan sebagai obat anti parasit. Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita konsumsi buah sirsak untuk mendapatkan manfaat buah secara maksimal. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tubuh juga memerlukan asupan vitamin yang cukup seperti vitamain A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.


Mungkin anda menyangka, buah ini asli indonesia. Tapi sebenarnya tumbuhan berguna ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19.


Sekarang, mari kembali ke topik utama, yaitu mengenai Manfaat Buah Sirsak bagi kesehatan. Dengan mengonsumsinya kita akan mendapatkan manfaat atau khasiat seperti berikut :


* Asam askorbat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Ini berjuang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan membantu menjaga sejumlah infeksi dan gangguan di teluk.


* Buah ini juga membantu dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan karena sembelit. Karena buah mengandung serat larut dan tidak larut, ia menambahkan bulk ke bangku dan memfasilitasi eliminasi mudah dari tubuh.


* Salah satu manfaat kesehatan daun sirsak bisa dilihat dalam mengobati bisul mulut secara efektif. Menumbuk halus daun dengan air dan menerapkannya pada mendidih akan membantu mengurangi ukuran borok, dalam waktu menyembuhkan mereka benar-benar dan juga mengurangi iritasi.


* Minum teh sirsak yang dibuat dengan daun sirsak meramu atau akar dalam air diketahui untuk mengurangi sakit pinggang. Sakit Pinggang adalah jenis sakit punggung, khususnya di punggung bawah atau wilayah lumbar. Secangkir teh sehari-hari juga akan membantu meringankan peradangan pada otot punggung.


* Sebuah pulp yang dibuat dengan daun sirsak segar dan air mawar jika diterapkan pada kulit akan mencegah terjadinya jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya.


* Jus buah Sirsak, jika dikonsumsi dua kali sehari, dapat membantu mengatasi penyakit ginjal, masalah hati, infeksi saluran kemih (juga disebut sebagai uretritis) dan hematuria (atau darah dalam urin), dll


* Bagian berdaging buah, jika diterapkan untuk setiap luka akan mempercepat proses penyembuhan dan juga mencegah infeksi bakteri.


* Sebuah Rebusan bunga sirsak dan tunas muda akan membantu menyembuhkan peradangan pada sinus dan juga di tenggorokan dan hidung. Hal ini juga membantu dalam sekresi lendir untuk mengurangi iritasi.


* Anda dapat berhasil menyingkirkan kutu kepala dan bug tidur dengan menggunakan rebusan daun sirsak. Itu tidak hanya akan menghancurkan hama ini, tetapi juga menjauhkan mereka.


* Sirsak juga digunakan sebagai obat untuk batuk, demam diare, dan pencernaan. Termasuk suplemen sirsak akan menurunkan intensitas kondisi dan juga meningkatkan pemulihan


Sumber : Dari berbagai sumber