Burger dari Kotoran Manusia - IniKabarKu.com

Breaking


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Bersama Lawan Covid-19

Burger dari Kotoran Manusia

Mitsuyuki Ikeda
Mitsuyuki Ikeda yang lahir pada 4 April 2959 merupakan seorang ilmuwan Okayama Laboratory yang juga merupakan Direktur UNESCO Okayama yang aktif di bidang lingkungan, telah menemukan cara untuk mendaur ulang kotoran manusia menjadi makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi.


Dia melakukan hal ini atas permintaan dari pemerintah Tokyo yang saat ini kewalahan dengan lumpur selokan bawah tanah, dan satu-satunya cara untuk mengatasinya selain dengan membuang ke laut.tetapi hal tersebut akan menimbulkan masalah baru nantinya.

"Departemen Limbah ingin menunjukkan bahwa limbah warga bukan merupakan hal yang benar-benar berbahaya dan kotor, bahkan hal itu dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna, "kata Ikeda seperti yang dikutip dari Langston1993.
  
Ikeda melakukan proses ini dengan menciptakan mesin yang disebut "exploder" yaitu menarik protein dari kotoran lumpur yang berasal dari kotoran manusia, kemudian dicampur dengan kedelai protein dan adiktitif makanan. Dan sentuhan akhir berupa penambahan saus steak, kecap, pewarna makanan sehingga diperoleh hasil yang menyerupai daging sapi asli, baik bentuk, rasa dan aromanya.


Berikut ini video proses pembuatan daging tersebut: klik di sini.

“Dari uji pertama, orang-orang yang sudah mencobanya menyebutkan, rasanya seperti daging sapi,” kata Ikeda dalam sebuah wawancara, "Bila dihitung dengan biaya penelitian, daging buatan kami adalah 10 atau 20 kali lebih mahal dari daging normal. Tapi setelah penelitian selesai dan itu dijual di pasar, mungkin akan dapat menyamai harga yang sama seperti daging normal".


Setelah diteliti, lumpur kotoran yang sudah diolah tersebut mengandung 63% protein, 25% karbohidrat, 3% vitamin yang larut dalam lemak, serta 9% mineral. Ikeda menambahkan bahwa, karena kotoran steak nya yang rendah lemak, mereka diduga akan menarik bagi mereka yang suka makan burger tapi yang ingin menonton asupan kalori mereka.

Bon appétit!